Tips Travel ke Jakarta Murah Sendirian

8:54 PM

jakarta

Happy New Year 2017 everyone! Bagaimana tahun 2016 mu? Mine is quite complicated. Finally lulus kuliah dan resmi menjadi sarjana (plus menjadi pengangguran). Berbagi macam tes kerja dikutin hingga yang harus dilaksanakan di Jakarta.

Sebagai orang Palembang yang kebetulan sedikit banget punya anggota keluarga di Jakarta, tantangan banget emang kalau harus ke luar kota sendirian. Tapi berhubung aku sudah gede dan teknologi alhamdulillah udah bisa ngebantu, jadi akhirnya terjadilah itu yang namnya solo travel.

Nah kali ini aku mau kasih tau pengalaman aku berangkat dari Palembang ke Jakarta dan cara untuk estimasi biaya (+ tips biar hemat). Oh ya, disclaimer ya, ini based on pengalaman aku dan ini terjadi sekitar bulan November - Desember. Kalau ada perubahan harga aku ga tau ya tergantung kebijakan maskapai masing-masing. Dan lagi, semua ini hanya bersifat PREDIKSI jadi tolong dicerna dulu ya.

Oya satu lagi, ini adalah estimasi biaya yang ditekan seminim mungkin supaya bisa menghemat budget :)

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Berangkat

1. Make sure barang kalian udah lengkap
Ini sudah mutlak dan paling penting. Jangan sampai ada yang tertinggal. Untuk urusan apa saja yang harus di bawa kayanya tergantung kebutuhan masing-masing. It depends on your activity ya berhubung tujuan aku ke sana adalah tes kerja so pakaian tes dan baju tidur sama baju buat kesana kemari. Aku juga mengindari pake koper. Ribet. Toh ga lama-lama juga paling 2-3 hari.

2. Siapin alat tempurnya
Nah alat tempur yang aku maksud ini adalah aplikasi-aplikasi yang berguna buat mendukung perjaanan. Jadi sebelum berangkat aku udah download Traveloka, Airy Rooms, Gojek, Uber, dan Grab. Kelima aplikasi ini ternyata helpful banget selama di sana. Ini bakal aku bahas nanti di bawah. FYI semua aplikasi ini gratis dan tersedia di Google PlayStore.

3. Siapin duit fisik dan virtual 
Ini dia sebenar-benarnya kebutuhan. Duit. siapin duit fisik dan tentu aja duit virtual. In my case, ATM dan GoPay.

Cara Gampang Ke Jakarta Sendirian

1. Cari Tiket pesawat yang paling murah dan pikirkan jarak serta waktu tempuh

Aku milih naik pesawat ke Jakarta simply karena cepat dan kebetulan dapat tiket yang murah. Kepikiran naik bus antar kota tapi mikir nanti bakal makan waktu banyak di perjalanan, jadi ga jadi.
Tiket dari Palembang ke Jakarta itu normalnya tiga ratusan untuk kelas Ekonomi. Tapi aku juga pernah dapet yang empat ratusan jadi etimasinya disekitar itu.

Aku download Traveloka. Ga kepikiran aplikasi lain yang sejenis karena emang dipikiran cuma keinget traveloka. Kenapa pilih pake traveloka ketimbang lewat travel agent atau pantai website masing-masing maskapai? Karena dengan traveloka kita bisa pantau dengan cepat dan ga ribet. Kebayang dong harus satu-satu mantau tiap website maskapai. Ribet! Kalau pake traveloka untungnya dia bisa nampilin semua flight jadi gampang. Karena mau hemat, aku pilih kelas ekonomi. Dari daftar yang tersedia, aku pilih Lion Air. Emang terkenal murah kan si Lion Air ini.

TIPS Tiket Pesawat Murah

Tujuan ke Soetta saat itu paling murah pakai Lion Air. Di applikasi 303ribu. Setelah di isi data, harga berubah jadi 254ribu. Sedangkan untuk ke Halim paling murah sekitar 370ribu pakai citilink.

Harga Tiket : SMBII-Soetta : Rp, 254.000 (Lion Air) | SMBII-Halim : Rp. 370.000 (Lion Air) (Harga per 2 Desember 2016 Via Traveloka)


Jangan males double check. Isi aja dulu data pesanan di Traveloka. Aku udah 3x dapat tiket Lion yang terjadi pengurangan harga. Jadi coba-coba aja dulu isi datanya. Tapi ini nasib-nasiban juga. Tapi aku 3x in row berhasil haha.

2. Bandingkan harga transportasi dari berbagai platform taxi online

IT DOES HELP ME A LOT guys beneran. Thanks deh buat internet.
Aku siapin tiga apliasi aitu Gojek, Uber, dan Grab.

Kalian bisa mulai bandingkan selisih dari jauh-jauh hari. In my case sembari masih di Palembang aku udah hitung-hitung jarak bandara ke hotel di Kemang dengan kalkulasi berikut:

Estimasi harga per 1 Desember 2016 Pakai GoJek Tanpa Masuk Tol

DISCLAIMER : Harga bisa berubah. Karena pas ngecek di Palembang dan di Jakarta beda dikit. Pesen di Jakarta jatuhnya lebih murah dari pas estimasi ini. Kira-kira estimasinya begitu.


TIPS Transport Murah:
  1. ISI GOPAY DEH. Bisa dapat discount 40% tiap pake GoCar.
  2. Coba UBER. Jika kamu daftar pakai kode yang di share teman, kalian bisa dapt potongan harga berapa persen gitu. Aku pernah dapet Kemang ke Halim cuma 16rb dari harga awal 40ribuan. Mayan kan. Hanya berlaku untuk yang belum pernah pakai UBER aja. Just PM me di twitter @dwisidwi kalau mau dapat kode promo dari aku.
  3. Rajin-rajin bandingin harga dari semua aplikasi online itu.
  4. Kalau ga bawa koper mending pake GoJek aja lebih murah hihi.
  5. Kalau ga diburu waktu, ga usah lewat Tol.
  6. Untuk transport hari-hari mending pake gojek aja karena murah banget.

Mau naik angkot atau Busway ga masalah asal udah tau jalan. berhubung aku ga tau apa-apa jadi aku andelin tiga aplikasi itu aja.

3. Cari Penginapan yang Terjangkau

Bandingkan beberapa situs atau minta info kos-kosan / wisma sekitar. Saat itu aku cari Wisma di daerah Ragunan, dari dua wisma semuanya 200rb/malam semua.
Jadi aku buka-buka Traveloka dan Airy Rooms. Di Airy Room aku dapat harga paling mring yaitu sekitar 190ribu per malam dan di Kemang pula. (FYI lokasi tes nya di Kemang).

TIPS Cari Penginapan Murah:

  1. Booking wisma/Kos Harian yang deket dan murah jauh-jauh hari atau
  2. Lihat-lihat di Traveloka dan Airy Room. Pesan lewat aplikasi ternyata lebih murah sampe puluhan ribu selisihnya. Itung selisih antara Traveloka dengan Airy Room dan Pesen langsung ke Hotelnya tanpa aplikasi. FYI, Hotel yang aku pesan itu di Traveloka sekitar 210-220. Pas di Airy sekitar 190rb.

Tapi paling enak nginep di kosan/rumah temen/sodara :") 

Nah itu tadi beberapa tips dari pengalaman aku berkelana di Jakarta dua hari seorang diri. Mungkin masih agak mahal tapi itu sudah paling efektif versi aku dari segi waktu dan biaya. Semoga bermanfaat dan works on you too :) Jangan lupa komen kalau kalian punya tips lainnya ya.

You Might Also Like

21 comments

  1. Woh! Cewek berani traveling sendirian? :') Demi sesuap nasi ya. Hahha.

    Btw, it's very useful tips! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. demi sesuap nasi dan segenggam cita-cita *ceilah*
      Thank youuu :)

      Delete
  2. lain kali ke jakarta sekalian jalan-jalan ya. Eksplor lebih dalam. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pengennya gitu tapi kemaren waktunya terbatas huhuhu

      Delete
  3. Isi blog yg lama pada pindah ke sini ya? Hmmm...
    Informasi berguna utk job hunter ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih disini semua blogpostnya put hihi. Sama sama put seneng kalau membantu :)

      Delete
  4. Sekarang gampang ya kalo udah banyak teknologi yg bisa bantu. Anti nyasar hehehe

    ReplyDelete
  5. mbak dwi, walau saya tinggal di Jakarta, pas baca tulisan ini helpful banget deh tipsnya. Iya saya juga selalu mbandingin tarif transportasi online. Mana yang paling murah itu yg saya book. Saya kebetulan tiap hari naik transport online rumah-kantor PP. Oiya salam kenal ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah seneng banget kalu post ini helpful buat mba Imelda. Iya mba ngebandingin harga emang makan waktu tapi demi hemat ga masalah ya nggak?
      Salam kenal juga mba Imelda :)

      Delete
  6. Mantap mbak dwi, keren solo traveler

    ReplyDelete
  7. Waaah nice info makasih mba. Masukan nih, kalau mau pesen penginapan yang harganya bisa ber-diskon, download aja aplikasi 'Agoda' dari Playstore di Smartphone. Beberapa penginapan ada yang kerjasama sama Agoda itu, jadi selain ngirit budget, juga memudahkan mencari penginapan lewat Agoda :D

    willynana.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah makasih masukannya mba, aku kemarin emang ga liat aplikasi lain sih cuma kepikir traveloka sama airy pun dikasih tau temen. Emang paling enak semuanya didonlotin terus dibandingin satu satu ya.
      Enak juga ya kalo agoda banyak diskon gitu :D

      Delete
  8. Wah tips nya mantep banget nih, paling enak sih punya sodara di tempat yang kita mau travel ya, biar ga ngeluarin uang lebih buat penginapan haha pengen sih travel sendirian kayak mba dwi, tapi mau nya keluar Jakarta, tapi kira-kira kemana ya? haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas herdian domisili jakarta ya? enak dong kalau mau explore jawa bisa naik kereta ala ala 5cm hihi. explore jawa dulu aja mas enak travelling yg deket deket

      Delete
  9. Replies
    1. kalau praktis sih,iya. kita bisa bandingin harga hotel yg berafilisiasi sm airy dan lebih murah biasanya dibanding pesen hotel yg sama di aplikasi non airy. tapi lebih baik bandingin di berbagai aplikasi dan telpon langsung untuk cari tau yg mana yg murah 😄

      Delete
  10. Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  11. 1 lagi buat yang lagi hemat, nyari penginapan di mushollah saja biar waktunya disiplin 5 waktu apalagi subuh. Aku pernah lakuin waktu ke Jakarta pas ikut Kongres, mungkin bisa jadi tambahan yah,hihi

    ReplyDelete

feel free for coment here :)

Subscribe