Kimi no Na wa : A Review

9:22 PM

"siapa namanya? kenapa aku tidak bisa mengingatnya?"

.
.
.
kemudian baper.

Kimi no Na wa atau your name mengisahkan tentang kehidupan dua remaja dengan lokasi dan kehidupan yang berbeda. Kimi no Na wa merupakan salah satu film besutan Makoto Shinkai yang baru saja rilis bulan Agustus lalu. Kimi no Na wa bercerita tentang kehidupan Mitsuha dan Taki-kun yang berbagi kehidupannya masing-masing. Cerita ini berlatar lokasi di dua tempat yang berbeda, yaitu desa Itomori dan kota Tokyo, Jepang. Cara Makoto Shinkai dan kru menampilkan latar setting dalam bentuk animasi sungguh shuugooi. Yokshi, buat yang pernah nonton karyanya seperti Kotonoha no Niwa dan 5 cm per second pasti sudah ga asing lagilah kualitas gambar yang disuguhkan. Aku yakin kekuatan terbesar Makoto Shinkai dkk terletak pada animasi alamnya *sotoy*. Meteor, langit, hutan, dedaunan, dan pemandangan alam buatan beliau ini sudahlah, sebagai orang yang ga punya skill gambar, ku hanya bisa ternganga saja.

Back to the story, cerita dimulai disaat Taki dan Mitsuha terbangun dari tidur dan merasakan kehilangan sesuatu yang penting. Rasa kehilangan dan penasaran itu membuat hidup mereka menjadi aneh. Teman-teman Mitsu maupun Taki mngatakan kalau tingkah laku mereka kemarin-kemarin sungguh aneh dan anehnya lagi baik Taki dan Mitsu tidak ingat sama sekali.

Suatu hari, Mitsu terbangun dari tidurnya dan bertanya-tanya "apa ini? kenapa begitu nyata?!". Mitsu bertanya-tanya, aku pun ikutan bertanya dalam hati ini film tentang apa. Hal tak jauh berbeda juga terjadi pada Taki. Ketika ia terbangun dari tidurnya, ia ikutan bingung. "Ini mimpi yang sama lagi. Mimpi yang begitu nyata", ujarnya.

oooo. Jadi mereka mimpi ya. oke masih belum paham.

Baik Mitsu dan Taki menjalani 'mimpi' mereka masing-masing dengan perasaan bertanya-tanya dan bingung. Karena keesokan harinya mereka kembali menjalani hidup normal dan teman-temannya memberi tahu apa saja yang terjadi kemarin, disaat itulah mereka sadar bahwa mereka tertukar. Bukan putri yng tertukar seperti sinetron di TV kita, tapi jiwa yang tertukar, seperti drama Korea yang itu.

Long story short, mereka pun menjalani hidup mereka + hidup pertukaran mereka. Awalnya terasa sulit namun lama-kelamaan mereka pun bisa mengatasinya. Hingga suatu waktu Mitsu dan Taki tak lagi tertukar.

Taki pun galau, "kenapa?". Sepertinya Taki mulai kangen.

Taki pun mulai mencari tahu dan berniat untuk mencari Mitsu. Dan semakin ke sana cerita semakin baper. Taki yang tidak sempat mencari tahu nama desa tempat Mitsu tinggal, berusaha sekuat tenaga menggambar setiap sudut desa yang bisa ia ingat. Syukurlah Taki pinter gambar, jadi gambarnya jelas. Bayangkan kalau itu aku yang gambar, HAHA. ok skip.

Perjalanan atau lebih enak disebut petualangan Taki dimulai. Ia memang belum tahu nama desa Mitsu berada, namun ia aktif bertanya dengan penduduk yang ia temua. Sayangnya tidak ada yang mengetahui dengan pasti desa apakah tu.

Sampai suatu ketika, ketika Taki sedang beristirahat di sebuah kedai makanan, penjaga toko melihat gambar tersebut dan berkata "Itomori, kau menggambarkannya dengan baik".
Seketika Taki langsung bertanya apakah penjaga toko itu benar mengetahuinya. Penjaga toko itupun mengatakan bahwa koki di restoran mereka berasal dari Itomori.
Koki yang dimaksud lantas ikut serta dalam pembicaraan tersebut. Dan apa yang dikatakan koki itu ketika Taki bertanya dimana letak Itomori berada sungguh plot wist yang tidak aku duga. "Itomori sudah tidak ada. Itomori telah hancur, saat itu ada meteor yang jatuh menimpa kota. Orang-orang tidak selamat, itu terjadi 3 tahun yang lalu".

Taki terkejut, aku juga terkejut. 

lalu apakah Taki berhasil menemukan Mitsu yang telah tiada? Kenapa Mitsu bisa tertukar dengannya sedangkan Mitu bisa saja telah tiada sejak tiga tahun lalu?

***
Sorry untuk setengah spoiler di atas, untuk selanjutnya bisa langsung tonton sendiri ya, di internet banyak kok. 
Kesan paing membekas yang aku sampe ga habis pikir adalah, itu Taki dan Mitsu sudah berkali-kali bertukar jiwa kok Taki maih ga tau desanya dimana? Tahun berapa? mereka toh anak SMA loh memangnya ga nulis tanggal ya kalo buat tugas / PR? ini pertanyaan penting loh karena lokasi dan waktu dalam film ini buram, padahal tidak mungkin kita tidak tahu lokasi tempat kita tiba-tiba berada. Ya kali kita ga penasaran. Atau untuk urusan waktu, mengingat mereka punya hape, dan mereka saling meningalkan pesan di hape badan yang mereka 'huni' untuk meninggalkan pesan, kok bisa ga lihat itu tahun berapa. absurd. Yhaaa namanya juga anime. namanya juga fiksi.
Tapi film ini ga jelek kok, selain miss di dua hal di atas, sisanya cukup buat pengen lanjutin. Plot twist nya cukup terasa dan buat kita ikutan penasaran. Untuk sisi animasinya menurutku ini masih sedikit kalah dibanding kotonoha no niwa, sedangkan untuk urusan baper masih kalah baper dibanding 5 cm per second, namun untuk plot twitnya ini juara dibanding dua film yang ku sebutin tadi. 

Rating : 3 out of 5.

Sudah nonton juga? gimana pendapatmu? share di kolom komentar ya, terima kasih.


You Might Also Like

8 comments

  1. Walah, udah keluar? Download di mana nih? Mohon infonya donk wkwkwk.
    Kemaren gua nemu di Nyaa, tapi kualitas gambar dan suaranya so-so gitu. Filmnya Makoto Shinkai cocok ditonton dengan kualitas gambar dan suara yg bagus, kalo ngga mah bakal sia-sia wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku nonton di kissanime. Asli kalo kualitasnya ga HD rasanya ga puas haha. Tapi disitu paling tinggi masih 720, jadi masih belum bening banget.

      Delete
  2. Yeay... ini salah satu anime yang pengen banget aku tonton.. 😁😁😁 hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi iya Fika ini anime wajib banget ditonton! :D

      Delete
  3. udah nonton dan ceritanya bagus bgt untung endinge mereka ketemu

    ReplyDelete
  4. aku sudah liaatt...dan so impossible but cool..pengen ya, bisa mencegah sesuatu terjadi di masa lalu dan pada akhirnya kita bisa bertemu dengan orang yang dari masa lalu itu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. impossible but cool hahah iya setuju. Aku malah ga mau ah kaya begitu, ngeri ngebayangin nginget sesuatu yg kita ga bisa inget tiap hari.. >.<

      Delete

feel free for coment here :)

Subscribe