Kenapa Kita Harus Menari?

8:50 AM

Kenapa kita harus menari? - Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, menari adalah kegiatan menggerak-gerakkan badan dan sebagainya dengan berirama dan sering diiringi dengan bunyi-bunyian. Meski ada saja penari yang bisa menari tanpa diiringi dengan bunyi-bunyian. Lalu ada apa dengan menari? Mengapa kita harus menari?

Sebagian orang membutuhkan mood booster-nya masing-masing seperti kopi, teh, mediasi, dan olahraga untuk mengawali harinya. Dalam suatu wawancaraRosie Huntington-Whiteley pernah mengatakan bahwa dia tidak berguna tanpa kopi. Kalau aku? Pagi buka SMTOWN SuperStar untuk dapetin bonus harian. Setiap hari dan selalu pertama kali. Sungguh kegiatan yang tidak berfaedah.
Tapi kalau mau coba maen juga, tutorial donwloadnya bisa dilihat di sini

Setelah merasa bersalah karena melakukan kegiatan tak berfaedah tersebut, akupun akhirnya berinisiatif mencari tahu kegiatan apa ya yang menarik dan baik buat mendukung produktifitas biar ga ngusel-ngusel di kasur aja. Dan aku ketemu sebuah artikel yang bilang kalu kita harus melakukan hal yang paling kita sukai di pagi hari. Setelah lama-lama mikir, oke, kayanya sudah jelas kalau aku suka kpop dan aku suka nari. Nari lebih ke freestyle yaa haha. mengingat aku lumayan hapal beberapa gerakan inti dari beberapa lagu, lalu mulailah kegiatan berfaedah itu di mulai.

Setelah bangun, ibadah, minum, dan ke toilet. Subuh-subuh biasanya aku langsung goler-goler lagi sampe pagi. Nah setelah diniatkan mau nari, aku puter playlist lagu kpop favorite khusus joget dan pasang headphone. Kemudian aku langsung nari dannn guess what?! Ga kerasa joget-jogetnya makan wktu sejam lebih! haahahhaa dahsyat. Keringetan banget nget nget padahal aku tiap jogging ga pernah sebanjir itu keringetnya. Fix aku bakal sering-sering joget mulai sekarang!

Kegiatan tersebut aku mulai sekitar seminggu yang lalu dan sudah empat kali aku lakukan. Hasilnya ada walau ga terlalu signifikan misal perut mula ada abs nya, atau tiba-tiba aku bisa buat games, tapi aku ngerasain perubahan mood yang sangat besar. Biasanya aku males-malesan tiap pagi. Sekarang aku selau excited untuk bangun dan sesudah joget aku ngerasa main seger dan makin happy. Alhamdulillah ternyata hobi kalau dipake untuk hal bermanfaat enak juga ya.

"Menari adalah kegiatan paling mudah dan murah untuk mengembalikan mood yang berantakan. Menari membuatmu sehat dan membuatmu senang."

Kok bisa ya menari bisa bikin kita senang? Menurut penjelasan Dr Peter Lovatt dari Universitas Hertfordshire dalam wawancaranya dengan telegraph.co.uk, "Menari merangsang kita secara fisik dan emosional sementara ada juga unsur kognitif dan sosial di dalamnya. Dengan menari, kita menghasilkan lebih banyak endorfin dibandingkan jika melakukan beberapa bentuk exercise. Menari juga menghubungkan pusat-pusat emosi pada otak kita. Banyak orang yang dapat menyalurkan emosinya dengan menari. Beberapa bahkan dapat menangis.

"Menari juga meningkatkan kesadaran spasial kita juga meningkatkan detak jantung dan membantu melepaskan endorfin ke tekanan darah kita. Manfaat lainnya ialah, menari membantu mengurangi level kortisol (hormon penyebab stres).

"Kehidupan modern sering membuat kita tak terhubung dengan diri kita, kita menghabiskan banyak waktu dengan duduk dan terpaku dengan teknologi. Menari menyenangkan karena itu membuat kita merasa hidup".

Nah mengingat banyaknya manfaat yang baik dari menari, selain meningkatkan perasaan bahagia, membantu kita melepaskan emosi yang terpendam, menari juga membantu agar kita tetap sehat dan fokus dalam menjalani hari-hari.

Lalu, Bagaimana Cara Memulai Menari?

  1. Buat Playlist lagu favorite-mu! Caranya mudah! kamu bisa unduh aplikasi seperti spotify atau kamu bisa buat playlist sendiri dengan aplikasi pemutar musikmu.
  2. Siapkan pakaian yang akan membantumu bergerak dengan nyaman.
  3. Cari lokasi yang membuatmu nyaman dan tidak malu. Bisa di kamar atau di ruang keluarga. Pokoknya senyamannya deh.
  4. Siapkan headset, jangan sampai malah mengganggu tetangga atau keluargamu ya.
  5. Now you're ready!
Gerakkan badanmu sesukamu, jangan pernah takut salah atau terlihat bodoh. Nikmati saja dan selamat menari!


You Might Also Like

6 comments

  1. Iya banget, nari bikin stres hilang. Aku suka nari. Tapi ya kalo di rumah aja. Malu soalnya. Nari bareng anak-anak seruuu. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nari diliatin orang juga malu saya mba hahaaha. enak ya nari ngilangin stress banget :D

      Delete
  2. Gue kok baru tau ya manfaatnya nari sampai segini (atau bahkan ga pernah menyadarinya). Hahahaha. Dasar, MIKE KUDET! :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha sebenernya banyak tapi ya selama ini aku jg ga peduli pokoknya nari aja ngilangin beban hidup :v

      Delete
  3. Kalo menari di diskotik ini sehat ngak ??? hahahaha

    ReplyDelete

feel free for coment here :)

Subscribe