7 Aplikasi Smartphone yang Membuat Kegiatan Lebih Mudah

8:26 AM

7 aplikasi smartphone bermanfaat

Sejatinya, tujuan utama hadirnya teknologi di tengah-tengah masyarakat adalah sebagai alat yang dapat memudahkan manusia melakukan pekerjaannya. Begitupula dengan smarphone atau telepon pintar. Telepon pintar pun seharusnya dapat membantu penggunanya menjadi lebih produktif.

Hampir semua orang saat ini memiliki smartphone. Hal ini didasari oleh fungsi smartphone yang bukan hanya sebagai alat untuk menelpon dan sms saja, namun lebih bervariasi. Saat ini, semua smartphone telah dibekali kamera dengan resolusi yang cukup untuk penggunaan sehari-hari, bahkan ada beberapa yang menyentuh angka di atas 20 MP. Selain dibekali kamera, smartphone juga terkoneksi internet sehingga pengguna dapat menambah fitur dari smartphone-nya masing-masing.

Aplikasi merupakan salah satu 'fitur' yang dapat dikustomisasi oleh pengguna. Aplikasi tersedia dalam berbagai tema, seperti aplikasi editing foto, social media, games, pemutar musik, dan masih banyak lagi. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat dimiliki cuma-cuma atau gratis dengan mengunduhnya di toko online sesuai sistem operasi smartphone masing-masing. 

Bagi aku pribadi, aplikasi-aplikasi yang ada di google app store saat ini cukup bervariasi dan bermanfaat! Setelah beralih dari Blackberry ke Android, aku lebih banyak menggunakan handphone daripada laptop. Sehingga aku butuh aplikasi yang dapat membantu kegiatanku sehari-hari. So, ini dia 7 aplikasi smartphone yang membantuku dan jadi favoritku untuk mengisi waktu luang (yang banyak).

1. Cookpad

cookpad cookpad

Cookpad merupakan aplikasi yang bakal membantu buat kamu yang hobi masak maupun yang lagi belajar masak. 

cookpad tempe
Cookpad memiliki tampilan yang mudah dimengerti dan menarik. Dengan cookpad, kita bisa mencari resep, menyimpan resep, maupun menulis resep buatan kita sendiri. Untuk mencari resep, kita bisa mengetik secara lengkap misalnya : udang asam manis. Namun jika kamu punya bahan yang terbatas, misal cuma punya tempe aja, dan bosan sama goreng tempe melulu, nah kamu bisa ketik kata tempe saja dan lihat rekomendasi otomatis yang akan muncul di kotak pencarian.



2. Bloglovin'

Sebagai seorang blogger, selain suka menulis, aku juga suka stalking blog orang lain. Bloglovin' merupakan salah satu aplikasi yang menurut aku cukup wajib kamu punya jika kamu suka ngeblog atau suka baca blog. Di Bloglovin' kamu hanya perlu mencari blog sesuai kategori atau niche yang kamu suka. Kamu bisa mulai follow blog mereka untuk selalu dapat update-an tiap mereka meng-upload post baru. Feed mengenai blog yang kamu follow dapat kamu lihat di menu My Feed. Sedangkan untuk explore blog-blog lain dalam niche yang kamu suka dan yang belum kamu follow, kamu cukup main ke menu Explore. 

bloglovinbloglovin
Kenapa aku bilang Bloglovin' membantu hidupku, karena sebagai blogger yang sering kehabisan ide dan hilang semangat buat nulis, stalking merupakan salah satu cara yang bisa dipakai untuk kamu aktif nulis lagi. Degan melihat blog orang lain dan banyak membaca blog mereka maka lambat laun inspirasi menulis juga akan datang.


3. Forest

Kamu punya banyak kegiatan dan tugas yang harus dilakukan tapi suka terdistraksi sama smartphone? Bingung bagaimana caranya agar bisa jauh dari handphone? Bagaimana caranya supaya bisa jauh dari godaan handphone? mungkin forest bisa jadi salah satu jawaban.
forestforest app

Aku akui aku suka tergoda untuk tergoda untuk menunda sesuatu gara-gara mau maen hape dulu (dear Get Rich, I'm talking about you). Iseng-iseng cari di internet dan ketemulah sama forest ini. Forest ini adalh sebuah aplikasi yang membuat kamu seolah-olah menanam pohon virtual. Jadi kamu harus set dulu berapa waktu yang kamu mau tukar dengan sebuah pohon. Kalau aku biasanya 1 jam atau 60 menit. Setelah itu, klik Plant! dan kamu harus tunggu selama 1 jam untuk bisa buka aplikasi yang lain. Karena jika kamu close, pohon kamu akan mati. Reward untuk kamu kalau berhasil adalah berupa koin (virtual juga haha).
Ya intinya aplikasi ini butuh komitmen. Kalau kamu memang niat, koin kamu pasti banyak. Best way untuk pake aplikasi ini adalah dengan sambil matiin paket data / wifi. Iya serius, dan komitmen juga. Kata orang sih musuh terbesarmu adalah dirimu sendiri, gitu.


4. Pinterest

pinterest apppinterest app
Pinterest merupakan aplikasi yang menyediakan informasi dengan memanfaatkan kekuatan visual. Semua gambar yang ada di Pinterest akan membawamu menuju link di mana gambar itu berasal. Contohnya untuk setiap gambar yang ada di blog ini, kamu akan menemui tombol Pin It! Tombol Pin It ini akan membuat kamu nge-pin gambar blog aku ke akun pinterest kamu. Ya singkatnya, pinterest ini layaknya google dengan hasil penelusuran berupa gambar yang akan membawamu ke situs tertentu.

pinterest apppinterest app
Salah satu pencarian favoritku di Pinterest adalah hal yang berbau ideas, challenge, maupun infografik. Dengan mengetik blog post ideas, kamu bisa langsung dapat informasi list yang bisa kamu coba. Sama kaya google, bedanya hasilnya adalah berupa gambar, jadi kamu ga perlu klik linknya, selama kamu bisa menarik inti dari gambar yang ditampilkan, itu sudah cukup kok.  Selain itu, fitur more like this juga oke banget menurutku. Jika kita sudah pilih satu gambar, kita juga diberikan rekomendasi pin yang setipe dengan apa yang kita cari. 


5. Quora

quora appquora
Quora merupakan aplikasi / web untuk tanya jawab. Semacam ask.fm sih, yang membedakannya, Ask.fm berbasis personal jadi kita harus buka akun orang itu lalu kepoin tanya-jawabnya, Quora berbasis topik. Satu pertanyaan dapat dijawab oleh lebih dari satu orang. Mungkin lebih mirip ke yahoo answer ya, tapi aku kurang tahu tentang yahoo answer. 
Quora punya tiga menu utama yaitu feed, bookmarks, dan trending. Untuk feed, sama seperti bloglovin', kita harus memlih terlebih dahulu topik / niche yang kita suka, sehingga feed kita akan seputar topik tersebut. Bookmark merupakan menu untuk kamu menyimpan pertanyaan dan jawaban yang mungkin akan kamu baca lagi nanti. Sedangkan trending berisi pertanyaan-jawaban pada topik yang lagi ngetren. 
Saat ini Quora lebih didominasi oleh orang non-Indonesia, meskipun begitu Quora worth lah karena yang menjawab pertanyaan kebanyakan orang yang memang kompeten dan punya pengetahuan di topik yang ditanyakan.
Kenapa Quora membantu hidupku? Sejujurnya aku masih berambisi untuk meningkatkan bahasa Inggrisku ahhah jadi aku harus banyak-banyak baca web dalam bahasa Inggris. Selain itu, baca Quora juga bisa bawa aku ke orang-orang hebat (dan webnya yg juga hebat), seperti Nelson Wang.


6 & 7. Google Keep dan Google Calendar

Mengapa kedua aplikasi Google ini aku gabun dalam satu poin? Karena fungsi mereka mirip dan melengkapi satu sama lain.
google keepGoogle Keep merupakan aplikasi Google yang tugasnya untuk keep / menjaga hal penting yang harus selalu kamu ingat. Tahu sticky note? Sticky note merupakan salah satu widget yang pasti selalu aku pake apakah itu ketika di laptopku atau dilaptop kakakku. Aku anaknya emang agak cepet lupa, jadi notes itu barang wajib buatku. Anyway, Google Keep ini cara kerjanya sama. Dia bisa menyimpan berbagai notes kamu. bedanya dengan sticky notes, kamu bisa kasih recording suaramu dan menyisipkan foto.  Buat kamu yang suka buat planner atau to-do list, Google Keep ini pilihan yang tepat karena dia punya checkboxes juga. Pilihan lain kamu bisa coba Evernote. 




google calendar Sedangkan untuk Google Calendar. Menurutku fungsi kalender itu intinya sama, menunjukkan tanggal dan menandai tanggal-tanggal penting. Namun yang membuat Google Calendar ini spesial, dia ada fitur Goal. Fitur Goal pada Google Calendar bertugas untuk mengingatkan kita untuk melakukan kegiatan yang kita set. Kenapa aku bilang Google keep dan Google calendar harus berdampingan, aku kasih contoh: Aku pasang reminder "Belajar Photoshop". Maka aku akan buka Keep. Di Keep aku periksa list materinya. Misal kemaren aku belajar layer sama buat quote. Hari ini belajar seleksi, dll. Oiya, aku memang lagi belajar photoshop, untuk lihat hasilnya boleh ke instagram @playfinger ya.
Itu tadi  7 aplikasi yang saat ini paling sering aku buka (selain sosial media, kamera, dan games) yang ternyata membantu banyak. Sebagian sebenarnya berupa aplikasi yang sudah ada dalam bentuk web seperti Quora, Boglovin', dan Pinterest. Namun dalam bentuk aplikasi, web tersebut lebih mudah dinikmati.
Aplikasi yang baik akan membantu kita menyelesaikan tugas/plan kita. Karena tugas utama smartphone adalah untuk memudahkan pekerjaan manusia sekaligus sebagai media komunikasi. Menurutku tidak ada salahnya penggunaan smartphone selagi bisa mendatangkan manfaat dan memudahkan kita semua.

You Might Also Like

16 comments

  1. Tapi Bloglovin' kebanyakan isinya blog-blog berbahasa Inggris kan? Bener ga?
    Btw aplikasi Forest itu menarik juga, bisa gua cobain tuh hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener, tapi ada juga kok blog Indonesia disitu. Kebetulan yang suka aku follow dari luar semua. Forest bagus tuh buat procastinator ahhaha

      Delete
  2. Aku blm punya semua inih he he yg tanam pohon itu kyk miara pou gt kah? He he aku jg br tau pinterest mba,,aduuh aku kudet bgt yak, hbs ini mo nyobain pinterest dl deh,,tengkyu bgt infonya mba,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mirip kaya pou tapi pou kan dimainin ya nah kalo ini di anggurin. Wah senangnya kal info ini bermanfaat. sama-sama mba terima kasih sudah mampir

      Delete
  3. Aku hobi baca rekomenan dari bloglovin sama pantengin pinterest. Mupeng sama kerennya. Dari tulisan sampek foto. Bagus semua :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama, mupeng banget ngeliatin blog-blog di bloglovin sama poto di pinterest. Makasih sudah mampir beby

      Delete
  4. Gue masih asing semua kecuali yang bawah. Menurut gue aplikasi seperti Mathway dan Photomath adalah aplikasi penyelamat hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicoba dulu yang di atas siapa tahu cocok :p Mathway sama Photomath apa ya? *brb googling*

      Delete
  5. Kalo aku.. aku banget nih yang cookpad.
    Lainnya ga install di hape karena makin kesini memori makin penuh ajaa jadi mendingan buka di laptop.

    Btw lucu aplikasi plant nya.
    Lah kalo lagi chatting trus di tinggal nanem pohon, gatel gak ya aku buka hapenya. Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya aku baru satu resep doang sih di cookpad haaha tapi seru ya ngetik telur doang menunya udah banyak macemnya hihihi. wah masalah abanget emang ya kapasitas memori hape :( kadang mau instal aplikasi lucu malah ga cukup hmm.
      Iyaaa gatel banget pohonu sampe banyak yang mati ahhaha , makanya butuh banget komitmen kalo maen forest sih

      Delete
  6. Yah, dari sekian itu nggak ada satu pun yang kupake. :(

    Aplikasi yang membantu produktifitas paling Scientific Calculator. Maklum, tukang ngitung-ngitung. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yni tuh sebenernya aplikasi yang ngebantu di waktu luang haha. Makasih Robby sudah mampir yaa

      Delete
  7. kayaknya forest lucu deh. selama ini baru pake google keep aja. kebanyakan aplikasi berkaitan sama buku soalnya hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya coba aja forest nya siapa tau bermanfaat. Iya google keep itu enak banget emang dipake buat hari-hari hihi

      Delete
  8. jadinya pengen nyobain yang forest nya deh.. Hahaha.. soalnya suka ga fokus dan ga tahan godaan kalo lg megang hapee..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya boleh dicoba apps nya free lagi hihihi

      Delete

feel free for coment here :)

Subscribe