[Book Review] The Story of My Life by Helen Keller

2:07 PM

 Tatkala satu pintu kebahagiaan tertutup, pintu yang lain terbuka, tapi sering kita begitu lama pada pintu yang tertutup sehingga kita tak melihat pintu yang tebuka di depan kita. (Helen Keller)


image source : goodreads
Sepanjang hari, langit Palembang seakan menangis. Hujan sedari pagi berhenti sebentar lalu turun lagi. Dengan cuaca seperti ini, ditambah hari libur, paling enak dihabisin dengan menonton film atau membaca buku. Setelah sekian tahun mejeng di rak buku, buku The Story of My Life karya Helen Keller yang menceritakan kehdupannya sendiri itu tak pernah ku sentuh sedikit pun, sampai kertas bukunya udah kuning-kuning!. Buku ini dibeli oleh kakakku ketika aku masih SMA, 2010. Wow,ternyata butuh enam tahun lamanya buatku membuka hati pada buku yang katanya sudah dialih bahasakan ke lebih dari 50 negara ini.

The Story of My Life menceritakan sosok Helen Keller (sang penulis) yang ketika berusia 19 bulan diserang penyakit misterius sehingga membuatnya buta, tuli, dan bisu. Helen juga bercerita tentang masa kecilnya, keluarganya, gurunya yang merupakan “cahaya kehidupan”nya, hingga perjuangannya dalam menempuh pendidikan tinggi.

Banyak sekali hal-hal yang dapat aku pelajari sehabis tamat baca buku ini. Gila! Semangat belajarnya luar biasa! Dengan keterbatasan yang dimiliki, Helen begitu bersemangat untuk menuntut ilmu, belajar berbagai bahasa selain bahasa Ibu, bahkan menerbitkan buku.

Awalnya aku hanyalah butiran-butiran kemungkinan. Gurukulah yang membuka dan mengembangkan kemungkinan itu.(Helen Keller)

Satu hal yang aku pelajari dari Helen, ia memliki rasa ingin tahu dan kemauan yang besar. Mau belajar dan selalu bersemangat! Jadi malu deh kalau aku yang dapat melihat, mendengar, dan berbicara malah malas-malasan nambah ilmu.

Memiliki pengetahuan berarti mengerti tuuan yang benar dan salah, mengerti hal-hal yang mulia dan yang hina.(Helen Keller)

Mantap banget ya kutipan di atas? Semoga banyak yang baca dan ikutan terinspirasi untuk terus menimba ilmu dan menambah wawasan. Karena ilmu itu bisa kita dapatkan di bangku sekolah ataupun di kehidupan sehari-hari. Harus tetap semangat juga, semoga kita selalu kuat dan tidak menjadikan keterbatasan menjadi halangan untuk maju.

Good luck!

You Might Also Like

0 comments

feel free for coment here :)

Subscribe