Review Shadow and Bone : The Grisha Trilogy

3:46 PM

Shadow and Bone merupakan novel fantasi yang dikarang oleh Leigh Bardugo. Novel ini bercerita tentang petualangan Alina Starkov seorang yatim-piatu yang selalu berfikir bahwa dirinya tidak pantas di mana-mana ternyata sangat berharga dan berpengaruh besar bagi negara dan ratusan masyarakat Ravka.
REVIEW
Cerita dimulai dengan perkenalan tokoh yang akan sering muncu dalam novel ini. Alina Starkov dan Mal. Dua orang anak yatim-piatu (mereka bukan saudara) yang tinggal di istana Duke unutk belajar menulis dan membaca. Alina digambarkan sebagai seorang gadis kecil kurus dan mereka bilang kalau Alina jelek. Tapi tidak bagi Mal. Alina dan Mal bagaikan satu. Mereka tidak terpisahkan.

Berlatar tempat di Ravka, sebuah negeri yang terbelah oleh Nirlaut yang ditutupi kegelapan (Fold) yang diciptakan oleh Heretik Hitam. Fold sangat menyeramkan, di dalamnya hidup Volcra, makhluk misterius yang menyeramkan, memangsa manusia yang berada di dalam Fold. Kelemahan Volcra hanya satu, yaitu matahari. Itulah sebabnya Volcra hidup di dalam Fold. Bayangkan sebuah negeri terbelah menjadi dua dengan monster menyeramkan ditengah-tengahnya, tentu sulit untuk menyebranginya bukan? 
Dalam perjalanan melintasi nirlaut diusia mereka yang sudah bukan anak kecil lagi, cerita mencapai twist pertama.
Volcra di mana-mana, Volcra menyerang mereka, menyerang Mal. Dan Alina menyelamatkan Mal, dengan sesuatu yang baru diketahuinya (dan orang-orang lain). 
Sesuatu yang membuatnya spesial, berbeda, dan begitu diinginkan. 


The Unsea = Nirlaut // credit : amazone.com
Cerita berlanjut dengan kehidupan Alina setelah ia 'ditemukan'. Alina menjalani hidupnya sebagai Grisha. Golongan tertentu yang memliki sesuatu yang spesial (Prajurit tentara kedua & master sains kecil). Mereka yang terlahir sebagai Grisha akan menjalani hidup yang berbeda dengan masyarakat biasa. Mereka mewah, hebat, dan terlihat begitu sempurna.
Khusus untuk Alina, sesuatu yang dimilikinya mampu menyelamatkan negaranya, memperbaiki keadaan, atau malah balik memperparahnya.

Dan kita akan di manjakan tentang imaji kehidupan di istana kecil, membayangkan kecantikan Genya, kemewahan kefta, kehidupan di Ravka, kisah antara Alina, Mal, Sang Kelam, dan tokoh lainnya. Mereka semua punya peran dan luar biasa menggiring kita sampai ending.

KESAN

Ini buku yang sangat sayaaaang sekali dilewatkan. Membayangkan semua yang ada di buku ini sangat menyenangkan, prove me wrong!
Sangat Rusia. Nama-nama tokoh, lokasi, dan semua detail yang ada. aaaah aku jatuh cinta!
Bardugo membuatnya mudah unutk dibaca dan mudah dibayangkan. Ada romantisme yang hangat, tidak melulu mengenai skinship atau kata-kata manis lainnya, Romantisme dan cinta itu cukuplah dengan saling menenangkan seperti itu. Aku denganmu merasa tenang, dan nyaman. #eyaaaaaaa.

Maaf kalau terdengar kejam untuk Alina, tapi aku kok rada nge-shipping dia sama Sang Kelam yaaa. Ini aneh sih tapi Sang Kelam ini bener-bener misterius dan serem-serem-macho-ganteng gitulah #apaini.
Bardugo juara deh buat pembaca jadi galau!
Di satu sisi kita akan dibuat benci sama satu tokoh dan berharap si tokoh lenyap. Tapi kenapaaaa di sisi yang lain kita berharap si tokoh ini biarin aja kalau dia nggak ada bakal abis cepet dan berakhir karena boring.

Sayangnya aku baca novel ini stop-stop. Karena waktu sih sebenernya. Stop juga di tengah dan belum masuk klimaks, Buktiin sendiri deh, sesudah momentum yang "WHATT" pasti langsung nagih bacanya.

TRIVIA

1. Link ini bilang kalau Shadow and Bone akan di buat film nya. Tinggal kita tunggu aja kapan film ini rilis. can't wait!!!

2. Coba Kuis The Grisha Trilogy Quiz dan cari tahu Which Grisha Are you?
see mine below:

Ayo ikutan kuisnya dan Screenshot full page deh biar cakep terus kamu bisa publish di blog kamu atau di kolom komentar di bawah sini :)
yang belum tau cara screenshot full page web bisa lihat disini : Cara Screenshot Full Page Menggunakan Awesome Screenshot

You Might Also Like

0 comments

feel free for coment here :)

Subscribe