Tentang Menghayal, Dunia Lain, dan Ngomong Sendiri

3:25 PM

ATTENTION : Post ini panjang banget -_-.
Siapa yang nggak pernah menghayal? Menghayal sebelum tidur, menghayal dikala bosan? yes i do it, almost everyday.
mungkin sudah menjadi kebiasaan sebelum tidur sejak kecil. kalau nggak ngantuk-ngantuk amat, tapi nggak bisa tidur, ya menghayal. mungkin ini sebuah kebiasaan yang salah dan nggak baik buat di contohin sama anak-anak nantinya. mereka jadi terbiasa menghayal dan hidup di dalam dunia angan-angannya. but hey, i do it. almost everyday.

Menghayal itu apa?
in my opinion, menghayal itu kegiatan membayangkan sesuatu. bisa hal yang sudah terjadi atau belum terjadi. in my case, biasanya hayalanku berupa hal-hal yang akan aku lakukan atau aku inginkan di masa depan.
klise memang, tapi sadarilah bahwa kita sebenarnya memiliki kebiasaan mengatur hidup lewat imajinasi kita sendiri. ekspektasi. harapan. semua berawal dari hayalan terhadap sesuatu yang kita harapkan terjadi dalam hidup kita.

Apa yang dihayal?
apa yang dihayal tentu berbeda setiap individu. ada yag menghayal menikah dengan seorang artis, atau jadi artis, atau membongkar aib artis, atau ternyata dia adalaah anak artis yang selama ini disembunyikan karena si artis takut pamornya turun karena ternyata sudah pernah punya anak. kita nggak tahu jalan pikiran orang. semua orang itu terlahir kreatif dan imajinatif. tergantung kegilaan imajinasinya sudah sampe mana :p

let me tell you that i'm adoring people who have extremly wild imagination. 
i'm in love with super crazy ideas.

Kadang-kadang sampe cintanya sama hal-hal yang aneh dan ga masuk akal, ga jarang banyak temen-temenku yang bilang aku aneh.

Kadang kita suka sadar nggak sadar sering menyakiti perasaan orang lain dengan menolak semua ide-idenya. menolak sebuah kecerdasan yang mungkin orang lain nggak punya. kita terkadang terlalu dibatasi oleh berbagai stereotype yang gak sesuai dengan ideologi kita, hal-hal yang di mata orang ga baik, di mata orang ga bener. idealisme. saking idealisnya sampe-sampe buta dengan fakta. keukeuh dengan pilihan masing-masing. keukeuh dengan pendapatnya masing-masing. ga ada salahnya sih, manusia punya akal dan pikiran. manusia punya yang namanya otak untuk mengolah segala sesuatunya. tapi memperhatikan pendapat sekitar juga boleh lah sekali-sekali. ada orang-orang sebelum kamu, dan jangan sampai kesalahan orang sebelum kamu  malah kamu lakukan lagi.

Balik ke masalah hayal menghayal. 
bagi sebagian orang, menghayal itu pasti sesuatu yang menyenangkan. bayangkan jika kamu memiliki kesempatan untuk membayangkan bagaimana dirimu dimasa depan. bagaimana keluargamu, rumahmu, anakmu, makananmu, pakaianmu. motivasi? BIG YES. itu bisa jadi motivasi ! 
Tapi sebagian lagi akan menhakimi dan melabeli orang-orang tersebut sebagai kaum PEMALAS yang hanya bisa hidup di dalam angan-angannya tanpa mau berusaha.

Heyyy ! Mereka yang menghayal bukan mereka yang malas loh, emang ada yang ngayal sampe 24 jam? -__- they do their job, live their life. Mungkin ada yang pemalas kelas kakap yang kerjaannya cuma ngayal ngayal dan ngayal. Intinya kembali ke pribadinya masing-masing, dan kualitas hayalannya sendiri. kalau ngayal yg ngeres-ngeres nggak masuk hitungan bahasan ini ya.
penghayal yang oke adalah mereka yang merencanakan hidup di masa depan dengan rinci dan jelas, sehingga bisa menjadi semangat untuk menggapainya.
i believe that everyone in this world is day dreamer. like it or not. even for once.

***
Dunia lain.
ini bukan acara televisi yang host-nya botak atau pesertanya kesurupan ya. saya ngeri sama begituan jadi nggak mungkin blog ini ngebahas itu.
Dunia lain yang dimaksud adalah dunia antah berantah yang tercipta karena mimpi dan hayalan seseorang yang terus menerus.
saya pernah dan sangat menikmatinya. Saya punya sebuah rumah yang tidak begitu besar. hanya punya kamar satu. untuk saya sendiri. saya bekerja di sebuah tempat dengan penghasilan yang besar. di negeri antah berantah. tinggal seorang diri tanpa keluarga. mungkin saat itu saya fresh graduate dan belum menikah. sedang meniti karir dan merantau entah ke mana. saya lupa kapan memulai semua itu, dan perlahan kehidupan di sana begitu nyata. ceritanya sambung menyambung setiap hari. terkadang saya berpikir jangan-jangan itu diri saya di masa yang akan datang.
Dulu, dalam sehari saya bisa hidup dalam dua dunia itu. saya seorang mahasiswi biasa, dan di malam hari saya seorang yang tinggal di negeri antah berantah. saya selipakan beberapa twist seseru mungkin. hey, kapan lagi ! xD

well kemarin sempet nonton sebentar acara tivi yang membahas tentang schizophrenia. salah satu ciri-cirinya adalah suka ngomong sendiri.
hey it's me !
but lucky me, tingkah laku yang sering saya lakukan agak beda sama definisi skizo yg sebenernya. Mungkin yg menyamakannya adalah sama-sama suka ngomong sendiri. untungnya nggak delusi. kalau ngomong sendiri disertai delusi kan kacau xD

Istilah ngomong sendiri + menghayal yang seriiing banget aku lakukan adaalah Pura-Pura Jadi Orang Lain.
yes, semacem permainan yang mengasah bakat akting penuh sandiwara hahhha.

tiba-tiba aku pakai kacamata dan syal terus lari-lari kecil sembunyi dari seseorang yang baru saja aku kasih coklat (sambil harap-harap cemas), tiba-tiba pake makeup menor dan agak seksi seksi dikit eh ternyata seorang agen FBI yan menyamar, tiba-tiba jadi  orang gila yang suka duduk berjam-jam di taman sambil megangin balon kayak anak kecil --eh ternyata pembunuh bayaran. 
AM I CRAZY? NOOO ! i'm super normal and i'm loving it !! (tapi bikin capek)

Sayangnya sih, ide-ide gila itu cuma beberapa scene doang. sisanya nggak kebayang dan nggak ada alur cerita lengkap. Bayangin aja kalau full scriptnya ada, kan bisa jadi sutradara film! kadang-kadang adek yang nggak sengaja lewat kamar suka pasang muka jijik sambil ngata-ngatain aku alay lah, aneh lah dan lain-lain. kalau dipikir-pikir aneh juga ya, niat jadi artis nol besar, tapi hobi banget main-main aneh kayak begitu. Niat banget juga sampe nyiapin wardrobe dan property yang sesuai.
yang kayak gitu biasanya dianggap aneh oleh orang kebayakan disaat bagi pelakunya itu disebut NIKMAT.

percaya atau tidak, aku punya ratusan nama, ratusan latar belakang, ratusan pekerjaan, ratusan kehidupan yang berbeda. pernah membunuh ratusan orang, pernah dijadikan budak, dijadikan anak haram, pernah jadi seoarang IDOL, pernah menjadi seorang dokter, pernah menjadi seorang ibu rumah tangga, dll. 
AM I CRAZY? NO! I'm Loving It !

kemudian hal-hal semacem ini ada bad effect-nya nggak sih sama kehidupan asli? ada. Ada banget. Nggak konsen. itu yang paling utama. sisanya silakan orang yang menganalisa karena kadang bad buat orang lain, tapi fine-fine aja buat diri sendiri.
jujur, hal ini membuatku jadi lebih mudah menerima keadaan. pernah suatu waktu kami dihadapkan pada musibah yang sangat berat. sejak sebelum hal itu terjadi, aku sudah ngebayanginnya dulu -_-
mikir kira-kira kalau ini terjadi hidupku bakal gimana ya? kemudian muncul adegan-adegan dan drama-drama kehidupan pasca musibah datang. aku bakal begini, hidupku bakal begini, kita, kami akan begini, dan seterusnya. jalani semua seperti ini.
dan kalau itu nggak terjadi? ya bagus dong, hidup akan seperti biasa. semua akan jadi biasa. dan begitu seterusnya. (dan untungnya hal itu nggak terjadi)
bukan menyepelekan keadaan, tapi mengkondisikan. mempersiapkan diri. 
GILA? iya gila. dan akan sangat gila lagi kalau malah berfikir : jangan-jangan musibah ini bisa jadi lebih baik daripada nggak kena musibah (karena segala sesuatu pasti ada baik buruknya).

dan itu gila. perasaan paling gila. nyiksa? iya nyiksa.

***
nggak nyangka post ini bisa jadi sangat panjang begini. inilah the power of curhat colongan disaat nggak ada kerjaan hihihi.
berbelit-belit memang, tapi secara garis besar, aku menikmati semua ini. kami para non-stop-act-dreaming menikmati semua ini. terpaksa nggak terpaksa ya harus dinikmati.

pernah nggak punya niat untuk berhenti? PUNYA. MAU BANGET.
loh katanya suka? katanya menikmati? ya menikmati karena nggak ada yang bisa dilakukan kecuali menikmati dan bener bener into it.
Kegiatan ini nyenengin, memabukkan (Ceilah) tapi bikin capek. iya capek. Bener-bener capek. menguras tenaga, pikiran, dan hati. 
Bayangin aja bahkan sebelum hal buruk terjadi, hal itu sudah dibayangin duluan. mau nggak mau. kebayang dengan sendirinya. otomatis. gimana nggak capek coba.

i'm not crazy, even if the whole world is saying that i'm crazy, i'm not crazy. i've been trapped in the small unrealistic world that little by little fading me away from reality. i'm in love with my little world, but it's like they need me to spend more time together with 'them' than with my own life. i said to you that this is imagination. this what being creative is. i said to you i'm enjoying this. but i want to stop, i'm too tired to face the blablabla  --> versi galau
capekkk brooo sissss.. jalani aja hidup senormal mungkin. salurkan bakat dan minat. isi hari-hari dengan melakukan hobi yang kamu suka. jangan jadi dreamer mentah mentah. ngayal sih boleh, asal hayalannya seputar hidup kamu, jangan menghayal tentang orang lain hahahaha. hayalin aja nanti kerja dimana, rumahnya tipe berapa, anaknya berapa (eh), pas udah kerja mau dandan kaya gimana, mau kerja pake seragam pemerintahan apa yang bebas,mau kerja naek angkot apa naek mobil. hayalin aja kamu sudah sukses terus tiba-tiba dape undangan reunian SMP atau SMA. kemudian kamu ketemu gebetan-gebetan yang dulu mengabaikan kamu dan mendapati mereka nyesel senyesel-nyeselnya :p
*sugesti diri sendiri*


وَلَقَدْ خَلَقْنَا الإِنسَانَ وَنَعْلَمُ مَا تُوَسْوِسُ بِهِ نَفْسُهُ وَنَحْنُ أَقْرَبُ إِلَيْهِ مِنْ حَبْلِ الْوَرِيدِ* إِذْ يَتَلَقّى الْمُتَلَقّيَانِ عَنِ الْيَمِينِ وَعَنِ الشّمَالِ قَعِيدٌ * مّا يَلْفِظُ مِن قَوْلٍ إِلاّ لَدَيْهِ رَقِيبٌ عَتِيدٌ
“Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya, dan Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya; (yaitu) ketika dua orang malaikat mencatat amal perbuatannya, yang satu duduk di sebelah kanan dan yang lain duduk di sebelah kiri. Tiada suatu ucapanpun yang diucapkan (seseorang) melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir” [QS. Qaaf : 16-18].

Jangan pernah lupa bahwa setiap rencana pasti ada twist-nya
Manusia cuma bisa berkehendak dan menggapainya, tapi Allah yang menentukan. Ngayal sih boleh-boleh aja kok, tapi jangan lupa diceritain sama Allah, kalau itu baek, dan kita serius menggapainya siapa tahu jadi kenyataan :D amiin.

satu lagi nih, sugesti untuk diri sendiri sih, ngayal boleh, berencana boleh, tapi yang paling penting doa, niat, dan ikhtiar untuk mewujudkan itu semua.

You Might Also Like

50 comments

  1. hahaha kalo gue nyebutnya sih merencanakan sesuatu didalam pikiran, ya beda versi, tp intinya beda beda tipis :3

    ReplyDelete
  2. yah ...aq ternyata salah selama ini suka menghayal jorok :P

    ReplyDelete
  3. Salam kenal dwi.
    aku jga salah satu org yg suka mnghayal. Dan ini sudah akut bnget. Setiap hr aku mnghayal. Sama sih kayak yg kmu bilang, aku jg punya latar blakng yg brbeda, mampu mnggunakn 10 bahasa asing, jd cew yg baik, idola, pintar, cerdas, suka menolong, pernah keliling dunia, pernah jd artis dsb. Tapi itu semua cuma hayalan doang. Dan akhrnya aku sadar klw aku hidup dalam dunia yg brbeda2. Kadang aku ngerasa aku benar2 bodoh dan tolol udah menghayal kayak gitu. Day dream aku udah stadium 4 kayaknya. aku sempat mncoba berhenti, tp itu smw udah jd kebiasaan. dengan menghayal kyak gitu, aku ngerasa aku nggak hidup mnerima realita dn aku sangat jahat sama sang pencipta krn ak udah mnjadi pencipta utk dunia yg lainnya. sesama cewek menghayal, menurut kamu ap yg harus ak lakuin? aku udah jalanin kebiasaan ini sejak smp. Itu bikin aku sering gak fokus dan cepat lupa momen2 nyata dalam hidup aku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gw juga punya kebiasaan mengkhayal.khayalan gw ini bener2 mirip banget sama dunia ini.dn gw ngak tau, gw merasa punya dunia sendiri yg ada kaitanya sama dunia nyata.begini cerita khayalannya, gw punya dunia disana dn gw hidup di thn 2028.juga gw punya 4 saudara, anak, dn pasangn.gw juga punya sahabat dn teman yg mirip banget sama artis indonesia.ini aneh banget buat gw yg mengalaminya selama ini.yah....itulah kisah dari dunia khayalan gw yg serasi.

      Delete
  4. Salam kenal dwi.
    aku jga salah satu org yg suka mnghayal. Dan ini sudah akut bnget. Setiap hr aku mnghayal. Sama sih kayak yg kmu bilang, aku jg punya latar blakng yg brbeda, mampu mnggunakn 10 bahasa asing, jd cew yg baik, idola, pintar, cerdas, suka menolong, pernah keliling dunia, pernah jd artis dsb. Tapi itu semua cuma hayalan doang. Dan akhrnya aku sadar klw aku hidup dalam dunia yg brbeda2. Kadang aku ngerasa aku benar2 bodoh dan tolol udah menghayal kayak gitu. Day dream aku udah stadium 4 kayaknya. aku sempat mncoba berhenti, tp itu smw udah jd kebiasaan. dengan menghayal kyak gitu, aku ngerasa aku nggak hidup mnerima realita dn aku sangat jahat sama sang pencipta krn ak udah mnjadi pencipta utk dunia yg lainnya. sesama cewek menghayal, menurut kamu ap yg harus ak lakuin? aku udah jalanin kebiasaan ini sejak smp. Itu bikin aku sering gak fokus dan cepat lupa momen2 nyata dalam hidup aku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haaiii Yonengsih, makasih sudah mau kasih kome tenatng ini. Aku juga sampai detik ini suka menghayal kok, siapa di dunia ini yang ga pernah atau ga suka menghayal?
      tapi karena sekarang aku udah tingkat akhir dan prioritas aku sekarang adalah LULUS dan punya masa depan yang baik, jadi aku suka menghayal yang orientasinya ke situ. misalnya aku ada target wisuda bulan berapa, aku menghayal aku tepat waktu dan orang tua aku kesana terus aku kerja dengan gaji sekian hahahhaha.. dengan hayalan itu bisa jadi moodbooster! trust me it works! haha

      aku juga pernah kedinginan di dalam Trans Musi. Aku tahan dengan kata-kata sugesti kayak gini "katanya mau ke Jepang, masa dingin begini aja ga tahan" hahahha.. absurd tapi berguna (y)

      Delete
  5. it's me!
    ini gue banget!
    hahahaha
    asik, tapi kadang suka berpikir apa gue punya gangguan kepribadian?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yeaay! ga ada gangguan, kita normal kok :p

      Delete
  6. Heyyyyyyyyyyy kita sama? Mungkin kita tetanggaan yah.. Setelah saya pulang dari planet mars kita ketemu yah, saya ingin bersilaturahmi.. Selama ini saya cuman hidup berdua dengan teman saya, siapa tau kita bisa kumpul bareng biar rame

    ReplyDelete
  7. Ternyata banyak temennya, aku juga suka ngayal *tos*
    -cewek juga-

    ReplyDelete
  8. sama ya! tapi kalo aku gak separah itu sih!
    -sama perempuan-

    ReplyDelete
  9. Ceritanya aku lg nyari" kenapa org bisa menghayal , gmana cara berhentinya, ehh malah nyasar k blog ini. So cerita sedikit tentang hayalan gue yah, gpp kan nge share dikit. Nih kalo hayalan gue sih gak seimjinatif kalian". Gue cuman punya satu tokoh ya diri gue sndiri, yg gue hayalin biasanya kejadian yg udah gue alamin tp ada beberapa bagian yg gue ganti, mungkin lebih ke penyesalan yah jatohnya.. tp gatau juga sih.. misalnya gue lg d dalem lift trus ada cowo cakep, gue bisa tiba" ngehayal klo tuh cowo ajak gue kenalan lah trus bertemen lah, eh pas lift kebuka cowonya malah pergi, hayalan gue pun sirnah.. ato gak pernah juga gue seharusnya pergi sama tmn gue trus gajadi, nah d rumah gue ngehayal klo td gue pergi sama tmn gue dan have fun bareng.. tp gak cuman hal yg udah terjadi aja sih.. kadang gue pernah mau pergi k suatu tmpat trus naik pesawat, nah sehari sblmnya gue ngehayal pesawat yg gue naikin bakal jatoh , ya tp untungnya aja enggak sih. Hayalan gue cuman hayalan biasa.. lebih k ketakutan sama penyesalan yg pengen gue hindari sih.. tp pernah satu wktu kyk skrg ini, gue slalu ngerasa terganggu sama hayalan gue, trus GUE NGEHAYAL kalo gue k psikolog tanya knp gue suka ngehayal, trus tba" gue sadar klo sbnrnya gue k psikolog itu cuman hayalan. Weird banget kan. oke ini komen jadi panjang bgt, tp gue lega sih karena gak cmn gue doang aja yg suka ngehayal. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba bukan anon ya kita kayaknya cocok kalo temenan :)

      Delete
  10. Alhamdulillah sy jg gitu dlu, yah mingkin krn sy laki + otaku ya hahahaha, tp alhamdulillah smnjak dnger n baca hadist riwayat klo berangan2 itu ga blh jd sy g prnh berangan2 ngasal lg jd lbh berangan2 ny soal kmungkinan yg akan happen dimasa dpan,..

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju, berangan-angan tentang kemungkinan di masa depan, bisa jadi motivasi :)

      Delete
  11. Ye!! Kita sama, sama-sama suka mengkhayal. Heheh :)
    Aku selalu ngayalin aku itu punya kakak cowo.
    Aku akrab banget sama dia, dia selalu ngelindungin aku, jadi tukang ojekku, dsb.
    Maklum, anak sulung. Heheh :3
    Tapi, walaupun aku suka ngekhayalin masalah kakak cowo, bukan berarti aku ga bersyukur jadi anak sulung. Yayaya, aku anggap itu hanya hiburan. He he he :3
    Ga jarang juga sih punya pikiran, apa aku ga normal?
    Sampai-sampai aku suka manggil diri sendiri dengan sebutan 'pengidap skizofrenia' hahah lucu ya :'v

    ReplyDelete
    Replies
    1. setujuu yaa, menghayal itu bukan berarti ga bersyukur tapi justru jadi penyemangat ya!

      Delete
    2. Yaampun aku bgt😂
      -cewe juga-

      Delete
  12. Hay... salam kenal,, malem malem gini aku nyasar di blog kamu, sebenernya tadi mau tidur, tapi belom ngantuk2 amaat, mulai deh ritual (?) ngayal aku yang udah ada dari SD, *eh tau ga sih.. hayalan pertama aku itu pas SD aku punya komik shinchan dan doraemon yang lengkap dari vol 1 sampe akhir, hhohoho* tapi pas mulai ngayal tadi, aku langsung bangun lagi trus ngambil hape dan search di google "wajarkah jika kita menghayal sebelum tidur ?" dan akhirnya ketemu ini, trus pas d baca2 dan ngebacain komentar nya, aku langsung terharu *lebay* ternyata bukan cuma aku yang beginiiiiiii !!!!!!!!! Yap dan kadang ini jadi moodbooster aku, kadang capek kerja, pas mau tidur ngayal punya krjaan yg lebih baik, dan bisa keliling dunia pake gaji aku *pengen bgt ke switchzerland, rumania, inggris, prancis, irlandia, skotlandia, korea biar ketemu super junior (korean addict)* dan yaaah kalo bisa hayalan itu dibikin sampingan(?) aja, jadiin aja semacam "cambuk" buat kita biar bisa lebih baik di kehidupan sehar hari,, jangan sampe ga bisa bedain mana hayalan mana yang nyata yaa,, hhehehe, udah deh yaa,, makasih udah nulis ini di blog,, i am not alooonee~~~ hhehehe, ngantuk nih jadinya.. :-D ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayy ELF salam kenal ya! harus bisa dong bedain yang mana kehidupan nyata yang mana kehidupan fana~ eh makasih ya aku baru pulang dari bimbingan skripsi dan bete banget tapi baca komen kamu jadi happy lagi hahaa. aamiinn semoga bisa ke Korea ya terus ketemu suju! yess aku juga!!

      Delete
  13. sebelumnya terimakasih karena gue jadi tau ternyata bukan gue aja yang punya penyakit kayak gini.. gue cuman pengen minta saran, bisa gak ya penyakit menghayal ini hilang ?? karena gue emng udah bner bner gak tahan dengan hal ini, gue jadi lupa siapa sebenernya diri gue, gue bahkan sering lupa tentang kenangan-kenangan nyata bareng orang orang terdekat gue. thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalau sampe segitunya kayaknya kamu butuh ke psikater, maybe? enjoy aja non :)

      Delete
    2. Bisa hilang kok, asal pake tekad sm waktu jangan dibiarin kosong. Kita fokuskan diri ke hal2 yang buat pikiran kita sibuk. Misalnya ngomong2 ke orang lain. Aku juga penghayal, tingkat akut malah. Ngebayangin sosok ku sendiri itu kyk 100% cewek sempurna dengan nama, kepribadian yang sangat berbeda dengan aslinya. Nah cewek khayalan itu dia jdi presiden, udh jdi professor diusia muda, punya hak paten, dan ujung2nya tunangan sm orng eropa(sumpah yang ini freak banget ya kedengerannya xD). Tapi lama2 ada beberapa dri khayalan itu yang gak mungkin jadi nyata, kayak ngubah nama lo, kewarganegaraan lo, sama sosok fisik yang gak mungkin tercapai. Terus karena ini menghayal mengganggu banget terutama pas belajar buat besok ujian. Jdi dlu pas sma aku udah usaha buat ngilangin kebiasaan itu pake nyibukin diri sendiri, banyak2 doa sama sering2 ngobrol atau sms an sm temen. Hasilnya worth it banget, konsentrasi meningkat, lebih sabar & tabah (karena sering doa), dan nilai2 juga naik semua. Tapi sejak itu pas udh kuliah karena temen2 sma udh pd ilang dan temen2 kuliah gak seperti yang diharapkan(gak cocok) malah balik lagi ke kebiasaan itu, gak sadar sih itu hanya gara2 kita suka, bisa menggapai mimpi kita yg kyk kita mau. Sampe sekarang aku jg mau ngilangin kebiasaan ini kok. Emng menghayal bisa jadi motivasi, tpi kalo kebanyakan jelek juga. Saranku persibuk diri sama hindari sesuatu yang merangsang fikiran kita buat berkhayal(kyk cerita dikomik, film, TV,dll), sama perbanyak komunikasi ke orang

      Delete
    3. sarannya bagus banget Hana, thanks ya :D

      Delete
    4. Gua hampir setiap saat mghyal, ngga pernh fokus sma yg ada didpan mta, gua bisa ngga ngyal klo lgi ngmong/ nyanyi, selebihnya ngyal trus, mudah bgt ngntuk cape lmes hidup ngga ada tenaga habis cuman buat ngayal

      Delete
  14. whahahaha... aq kira cmb aq yg kya gitu, sring menghayal. hayalan gila, dgn skenario,ltar blakang, dan jdi tokoh yg berbeda. kbiasaan jni udh muncul sjak aq kecil. gk tau kpn tepatnya. TK? mungkin aja heeehehe
    aq cuman ngayal diem2, mksud.a klo ad org lain aq brsikap normal. ngayal aq ini kdang di brengin dgn ngomong sndiri. tpi ngomong.a pelan, ya bisik2 lah. takut ketauan dn d bilang gila haha!! gimana? kek.a aq lebih GILA ya?
    gk ad org lain yg tau sisi ini dri aq, because i keep to hide it ...
    slebih.a aq nikmatin bgt kebiasaan ini, ingin berubah? pasti pengen. krena aku kadang ngerasa gila aja gitu. merasa bhwa cuman aku satu2nya orang yg ngalamin ini. kadang merasa gak normal haha.
    jadi mksih bgt!!! dgn ada.a postingan ini aq ngerasa klo gak cuma aku yg spt ini. ada org lain yg juga mengalami ini. i'm happy to know it :D

    ReplyDelete
  15. whahahaha... aq kira cmb aq yg kya gitu, sring menghayal. hayalan gila, dgn skenario,ltar blakang, dan jdi tokoh yg berbeda. kbiasaan jni udh muncul sjak aq kecil. gk tau kpn tepatnya. TK? mungkin aja heeehehe
    aq cuman ngayal diem2, mksud.a klo ad org lain aq brsikap normal. ngayal aq ini kdang di brengin dgn ngomong sndiri. tpi ngomong.a pelan, ya bisik2 lah. takut ketauan dn d bilang gila haha!! gimana? kek.a aq lebih GILA ya?
    gk ad org lain yg tau sisi ini dri aq, because i keep to hide it ...
    slebih.a aq nikmatin bgt kebiasaan ini, ingin berubah? pasti pengen. krena aku kadang ngerasa gila aja gitu. merasa bhwa cuman aku satu2nya orang yg ngalamin ini. kadang merasa gak normal haha.
    jadi mksih bgt!!! dgn ada.a postingan ini aq ngerasa klo gak cuma aku yg spt ini. ada org lain yg juga mengalami ini. i'm happy to know it :D

    ReplyDelete
  16. Aku kira aku doang yang mengidap penyakit ini , ternyata banyak juga yang menikmati penyakit ini :)

    ReplyDelete
  17. ak juga sama seperti yg kamu bilang, mengkhayal dan berbicara sendiri,bahkan ak terkadang bisa berbicara bahasa asing dgn pasih dalam khayalanku seperti bahasa china dan korea. padahal ak hanya bisa menggunakan bahasa itu untuk salam ,menanyakan kabar, dan berkenalan saja tp dalam khayalanku ak bisa berbicara bahasa itu dgn sangat pasih.dan bahkan ketika ak sedang bosan dan sedang sendiri ak slalu berkhayal dan khayalan itu muncul sndiri tnpa ak sadari ak juga gx bisa berhentiin khayalan itu dgn mudah. dan ketika ak sadar dr khayalan itu ak slalu merasa bhwa ak adalah orang yg gila dan bodoh. menurut km bagaimana untuk mengatasi ini?

    ReplyDelete
  18. hayalan gw : bngun kluarga ama cewe krtun atau orang yg gwsukain wjahnya hidup bhagia and have child wkwkw psikolog kita bner2 normal nih??? :D

    ReplyDelete
  19. Wkwk samaam yaa, sampai aku bilang apa aku normal atau gangguang jiwa.. tp ternyata bamyak yg ngalamin, dimanapun aku suka khayal apalagi kalo lg jatuh cinta.. ya ini mengganggu dan suka ngomong sendiri dijawab sendiri in real lifenya mungkin curhat dan lebih spontan pake kata "gue"

    ReplyDelete
  20. Hai . . Aku juga seperti itu. Awalnya keyword aku utk mencari di pencarian adalah "Normalkah jika menghayal" aku banyak open in new tab, dan aku juga membCa blog ini. Jujur, aku sangat suka menghayal.. Salah satu khayalanku adalah, aku pacaran dengan pria yang aku suka bahkan di hari ulang tahunnya aku buatkan surprise yang meriah banget dengan ngajakin teman temannya untuk merayakan sama sama dan menikmati kejutan yang aku buat. Tapi lama kelamaan akan sakit kalau memikirkan jika pria yang aku suka udah punya pacar, jadi aku memilih berhenti menghayal dan memilih utk melanjutkan hidupku yang normal. Aku mengakhiri khayalanku dengan seolah memutuskan hubungan. Mungkin kamu akan menilai aku gila, tapi aku menikmati nya kala aku mengkahayalkan hal itu 😂.

    ReplyDelete
  21. ,, hahahaha,, berkumpul para orang" pintar,, ( pitar soal nya bisa bikin kehidupan sendiri, layaknya sang pencipta ) ,, klo di bikin grup gimanaya yaaaa...?? salam kenal, sahabat dunia berkhayal,,

    ReplyDelete
  22. yeaahh ternyata banyak juga begitu ya
    gw anggap ini adalah bakat biasa begini suka menghayal trus curhat pada diri sendiri ,, misalnya klo lagi nonton film pengen crita nya tuh menurut hayalan gw sendiri hhhaaa trus klo lagi ada masalah bisa lebih tegar menghadapinya karna sebelumnya pernah ngehayal masalah tersebut dan mencari solusinya
    selama ini sih gw menikmati ini semua walau pun kadang bisa nyusahin dri sendiri terkadang bisa punya prasangka buruk trus menduga" tapi salah hhhaaa ya tapi masih bisa di kendalikan krna begini gw bisa ngontrol emosi pada diri gw sendiri thanks ya artikelnya
    -salam kenal -

    ReplyDelete
  23. Hey salam kenal! Finally lega ada orang yang suka ngehayal gt hehe. Aku persis bgt kayak kamu, kayak punya dua dunia dan ngehayal gitu. Aku awalnya takut aku kayak ada gangguan jiwa meskipun aku gak terlalu sering banget wkwk akhirnya i found this blog yay. Right kadang aku baca cerita seru gitu dan ngehayal aku jadi pemeran utama dan jadi artis di dalam film tsb dan aku ngomonh sendiri seakan2 berperan jadi artis😂. Tapi ada hikmah,aku jadi lumayan fasih berbicara bhs asing. Haha. Tapi kayak gini bisa dihindari kalo kita menyibukan diri di real life dan bersosialisasi. 😂

    ReplyDelete
  24. akhirnya aku punya teman yang mirip sama aku hahahah. apakah ini normal, kadang aku bisa ngerasain atau bisa tersentuh sekali dengan hayalan aku ? contohnya aku bisa aja nangis betulan kalau dalam hayalan itu aku merasa sedih.Aku bisa berbicara sendiri,dan memerani semua tokoh dalam hayalan saya dengan segala perwatakan LOL . bdw thanks buat artikelnya

    ReplyDelete
  25. me too everyday have long script of my imagination world 1 character almost 1 year and this year is new character come to my imagination life help me i need a real world which make me had a lot of friend like my past time

    ReplyDelete
  26. I know im not alone 🙌🙌

    ReplyDelete
  27. Hay kak. Kondisi kita sama kayaknya haha. Aku udah baca sebuah artikel . Kondisi kayak gini emang beda sama skizofrenia.
    Istilah untuk kondisi kayak yg kita alami namanya Maladaptive Daydreaming (MD) . Semoga kita ga gila depan orang lain yah kak. Hahaha

    ReplyDelete
  28. Alhamdulillah I'm not the only one.
    Aku juga punya kebiasaan atau mungkin penyakit serupa. Dan ini the FIRST, aku berbagi cerita tentang kebiasaan aku ini.
    Bismillah..
    Aku sampe lupa aku suka ngayal itu mulai dari kapan. Keknya sih sejak smp. Aku cewe, dan gkpunya kkak cowok. Dan aku terobsesi bgt pengen punya kkak cowok. Jd sejak smp aku mulai nyiptain tokoh dalam khayalan aku. Aku punya rumah gede bgt, trus punya kkak 2 kkak cowo yg care dan sayang bgt sm aku. Aku layaknya adik dan princess bagi mereka. Trus mereka juga punya temen" cowo yg juga akrab bgt dgn aku.
    Aku SMA (dikehidupan nyata), aku mulai pengen sesuatu yg lebih. Aku ciptain satu tokoh cowo lagi, peran dia itu sbg pacar aku. Dia baik bgt, selalu ngertiin aku. Aku juga sering curhat kedia ttg pacar aku (dikehidupan nyata). Tp curhatnya dr hati kehati. Sampe kadang tuh kalo curhat ke ketiga tokoh itu aku bisa sampe nangis seolah2 mereka nyata. Bahkan kalo aku bandal atau ngelakuin kesalahan dikehidupan nyata, mereka seolah" selalu ngingatin aku dan marah. Aku juga suka ngomong sendiri, tp dgn suara pelan.
    Dan semua itu masih berlanjut sampe detik ini aku nulis ini. Skrg aku udah kuliah semester 7. Yaampun udah brp tahun aku kegitu😭
    Aku lega bgt nemuin blog ini.. Serasa punya tetangga hahahah.. Aku pengen berenti. Tp sulit. Rasanya sedih, kayak beneran mau ninggalin org org yg aku syg bgt. Bahkan seolah" aku sering ribut dgn tokoh khayalan aku itu. Mereka suruh aku utk berhenti ngayal, tp aku yg gksanggup tanpa mereka😢
    Aku harus coba lebih keras lagi buat ngilangin kebiasaan aku ini😭😭😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah wkwkw sama banget sama aku , aku pernah terobsesi hal yg sama kayak kamu , mungkin sekitar 3Tahun ak membuat cerita ku sendiri seperti itu , lalu makin lama aku mulai membuat Alur baru , Kisah baru , tokoh baru , dan bisa sampe nangis bahkan ketawa seakan akan lagi beneran berinteraksi dengan Tokoh Tokoh hayalan ku. OMG dan kita sama sama semester 7 hahahaha :D :'D ,Maladaptive Daydreaming yang sangat lama melekat sama aku _ _" ..aku kek gini dari SD. kadang udh berusaha ngilangin eh Tapi stlh 2-3 hari ga daydreaming hari ke4 aku bisa balik lagi sama kebiasaan ini _ _" tp lucunya kadang aku bisa dalam sehari menghayal 1 hal yg sama dan berulang ulang :D :D .

      btw aku jg cewek

      Delete
    2. Hallo guys semua sepengaalmaan dan senasib pulaaa . sumpah gue fikir gue doang yang kayak gini . Ternyata kalian juga , but I wanna stop it at all . Ada bisa bantu masukannya ? Gue ngerasa ini aneh dan ada juga temen gue yg bilang gue aneh lah dan lainnya . Please itu gaenak .. mau ke psikiater tapi gatau yg recomended Dimana huhu sedih . Ada yg bisa bantu guys ..

      Delete
  29. After I read this article by you, goddamnit, I think we got a lot of things in common!!
    Like forreal, the dream world things I got one too!! I even wrote it down on my note, so whenever I read it back, I would feel happy with what I wrote, because I always imagine a lot of happy things and wrote it down. Damn, I thought I was the only one with 'dream world' in this world. I'm glad that I'm not the only one.

    P.S. I love to do stupid/weird things too.

    ReplyDelete
  30. Tapi dengan menghayal apa kita ga jadi gila kan? Itu gak apa kan, selagi kita masih bisa ngebedain mana dunia nyata dan hayalan? Jujur aku takut karena sering menghayal aku terkena penyakit gangguan jiwa.

    ReplyDelete

feel free for coment here :)

Subscribe